Kamis, 31 Januari 2013

2 monitor dalam 1 komputer (multi monitor)

Hanya kepada para pembaca setia Otakku.com, kami mau berbagi cara bagaimana memasang 2 monitor di satu komputer. Alasannnya apalagi kalau bukan meningkatkan produktifitas. Bener loh, coba aja!! :-)
Sebelum anda mengikuti semua langkah, sebaiknya anda cek dulu apakah semua perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan sudah dimiliki saat ini, kalau belum, cepetan segera ke toko komputer terdekat.
Berikut perangkat keras untuk membuat multi monitor:
1. Kartu grafis/ VGA
minimal harus mempunyai 2 port untuk 2 monitor dan biasanya ada 2 jenis umum yang ditawarkan kartu grafis:
a. 1x tipe Analog dan 1x tipe DVI (Digital Video Interface)
b. 2x tipe DVI (Digital Video Interface)
Jika kartu grafis yang anda miliki adalah tipe yang ke-2 (2x DVI) maka tidak ada masalah dan tidak perlu membeli DVI to VGA Adapter.
2. DVI to VGA Adapter
Adaptor ini digunakan bila kartu grafis yang anda miliki mempunyai 2 jenis port yang berbeda yaitu analog dan DVI dan juga monitor yang dimiliki mempunyai jenis koneksi yang berbeda.
Yang perlu anda lakukan adalah menyambungkan port dari monitor ke adaptor ini, kemudian dari adaptor ini baru disambungkan ke kartu grafis.
3. 2 buah Monitor LCD/ CRT/ gabungan keduanya
Jenis monitor yang ada saat ini mempunyai 2 jenis port yaitu analog (tipe lama) dan DVI (untuk monitor keluaran terbaru). Jika anda memustuskan untuk membeli monitor kedua, sebaiknya anda bisa beli yang jenis DVI walaupun harga sedikit mahal tetapi kualitasnya lebih baik.
Semua perangkat yang dibutuhkan sudah siap dan yang perlu anda lakukan adalah memasang semuanya itu menjadi satu kesatuan.
- Matikan komputer terlebih dahulu
- Sambungkan dua monitor tersebut ke kartu grafis, gunakan adapter DVI to VGA bila dibutuhkan (menggunakan 2 jenis koneksi, Analog dan DVI).
- Pastikan anda mengunci port tersebut dengan baik sehingga tidak akan terlepas suatu saat.
- Selesai, mudah kan??



Halaman selanjutnya >>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar