Jumat, 18 Februari 2011

Cibodas ‎Mei ‎2008

Cibodas ‎Mei ‎2008: Cibodas adalah salah satu sorga dunia. Sorga dunia? Ya, sorga dunia. Dan yang memberi predikat itu bukan orang sembarangan. Adalah Dr. F.W.Went, seorang ahli fisiologi tumbuhan asal Jerman yang lama bermukim di Indonesia yang memberi predikat itu. Tuturnya lebih jauh: “If paradise still exist on earth, Cibodas must have been part of it” (Seandainya masih ada sorga di muka bumi ini, maka Cibodas pastilah bagian daripadanya). Dr. Went tentu tidak basa-basi, karena keberadaan Kebun Raya Cibodas bukan sekadar sarat dengan panorama yang cantik, namun jauh lebih penting dari itu.




Dalam usianya yang ke–152 (1852-2004), Kebun Raya Cibodas mampu menempatkan posisinya sebagai kawasan konservasi yang sangat ideal bagi pertumbuhan tanaman dataran tinggi basah, temperate maupun tanaman sub tropik. Karena alasan itulah, maka UNESCO dengan MAB pada tahun 1977 menetapkan Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) sebagai satu dari enam cagar biosfer yang ada di Indonesia (Cibodas, Tanjung Putting, Lore Lindu, Siberut, Gunung Leuser dan P. Komodo).


Di samping itu Kebun Raya Cibodas juga dinobatkan sebagai salah satu Tourist Destination Area dan sebagai The Second Tourist Wonder of West Java dari The Seven Tourist Wonder of West Java. Kini setiap tahunnya Kebun Raya Cibodas dikunjungi sekitar 1 (satu) juta orang baik itu wisatawan domestik yang datang dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya maupun wisatawan manca negara.

hemmmm ,,,,, yah pokonya serna endah deh.

Liat yang ini juga kawan2 buat mengenang kisah kita cukuplah ngilangin rasa rindu sejenak heheheh........:
Pantai Anyer April ‎2008, Puncak Gantole, Fhoto kenangan
Pulau Seribu, Pulau Sejuta Keindahan /Untung jawa
KAWASAN GUNUNG SALAK ENDAH (GSE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar